Whatsapp: +6281392472500 (English) / 0813 7222 2565 (Indonesia) terapibatam@gmail.com

Panas dalam (bahasa Inggris: heatiness)adalah suatu keadaan dimana tubuh manusia mengalami panas yang berlebihan terutama di sistem pencernaan. Panas dalam bisa disebabkan oleh tidak seimbangnya makanan yang bersifat panas dan dingin. Hampir setiap orang mengetahui dan pernah mengalami panas dalam. Jika dilihat dari sisi medis, panas dalam bukanlah termasuk ke dalam golongan penyakit, akan tetapi panas dalam merupakan suatu gejala seseorang tersebut menderita suatu penyakit, seperti sariawan ataupun radang tenggorokan.Sariawan didaerah tenggorokan maupun luka disaluran pencernaan sebenarnya adalah penyebab rasa “panas” di dalam tubuh. Di manapun keberadannya, sariawan bisa begitu menjengkelkan dan menyakitkan, terlebih adanya sariawan di tenggorokan, ini bisa sangat menyakitkan dan mengganggu siapa saja yang mengalaminya.

 

Obat Panas Dalam

Pada umumnya panas  dalam sendiri terjadi karena sistem kekebalan tubuh seseorang menurun dan juga dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C. Beberapa gejala seseorang mengalami panas dalam antara lain, bau mulut tidak sedap, sariawan, batuk dan juga sakit tengorokan. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Umumnya, jika ada suatu penyakit yang ada di dalam tubuh dan memicu panas dalam, obat panas dalam yang diberikan oleh dokter hanya dapat mengurangi gejala dari panas dalam saja, bukan menghilangkan penyakit penyebab dari panas dalam tersebut. Sehinga hal ini tentu saja dapat menyebabkan panas dalam bisa terjadi berulang kali.

Ada beberapa faktor yang telah diketahui dapat menyebabkan sariawan di tenggorokan. Beberapa faktor tersebut termasuk: Infeksi jamur (oral trush) Infeksi virus, seperti virus herpes, cacar air , dan sifilis Makan yang bersifat mengiritasi (iritan) Merokok Trauma pada tenggorokan Gejala khas sariawan di tenggorokan yaitu rasa sakit saat menelan dan kesulitan menelan. Ini bisa saja ringan atau bahkan bisa membuat seseorang tidak mungkin untuk menelan sama sekali. Ketika Anda melihat di cermin, buka mulut Anda dan mencoba untuk meratakan lidah Anda ke bagian bawah mulut sehingga Anda memiliki visibilitas lebih pada daerah tenggorokan. sariawan di tenaggorokan Sariawan di tenggorokan biasanya muncul berupa bintik putih (satu atau beberapa) pada daerah amandel atau tenggotokan, pada tahap selanjutnya terjadi kerusakan jaringan yang dapat mengeluarkan nanah dan terlihat abu-abu ketika sel-sel tenggorokan mati.

Namun tak ada salahnya untuk mengimbanginya dengan beberapa obat alami ini. Untuk lebih jelasnya berikut adalah obat untuk panas dalam alami paling ampuh dan mujarab yang dapat Anda coba.

Hindari Makanan Penyebab
Bagi mereka yang memiliki sariawan di tenggorokan, disarankan untuk menghindari makanan yang pedas, alkohol, makanan berminyak dan keras, seperti keripik dan kerupuk. Makanan seperti ini memiliki kandungan asam yang tinggi yang dapat meningkatkan rasa sakit dan menyebabkan iritasi yang lebih parah sehingga sariawan tak kunjung sembuh. Sebaliknya makan makanan yang kaya vitamin B 12 dan zat besi membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan terserang penyakit. Jika Anda perokok, sangat dianjurkan untuk berhenti merokok, karena selain mengobati sariawan yang ada sekarang juga dapat mengurangi resiko terkena sariawan di kemudian hari.
nasi-padang

Garam dan air hangat

Selain dapat digunakan sebagai oralit untuk penderita diare, campuran garam dan air hangat juga obat panas dalam paling ampuh. Caranya pun sangat mudah,  yaitu gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Air garam dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan karena iritasi dan hawa kering yang disebabkan oleh panas dalam. Hal ini karena garam mengandung sifat anti bakteri yang mampu mengatasi masalah tersebut. Tak hanya itu saja berkumur dengan air garam juga dapat mengatasi bau mulut yang tidak sedap.

Sediakan air hangat setengah gelas lalu tambahkan garam seperempat sendok, aduk sampai rata kemudian gunakan untuk berkumur selama 1 menit. Pastikan untuk mengenai daerah tenggorokan yang terkena sariwan. Lakukan 3-4 kali sehari.

Menggunakan Jus Bawang

Cara ini sangat mudah diterapkan karena bahan yang banyak tersedia di dapur, campuran jus bawang dan madu digunakan untuk berkumur. Ramuan ini memiliki aktivitas antibakteri yang membantu dalam penyembuhan sariawan di tenggorokan menjadi lebih cepat.

Mengonsumsi vitamin C

Suplemen alami buah buahan bervitamin C dapat mengurangi terjadinya sariawan. B

Obat Sariawan

Ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi sariawan di tenggorokan. Obat tersebut dapat membunuh bakteri yang ada dalam mulut sehingga mempercepat penyembuhan. Namun hal ini perlu rekomendasi dokter. Apabila dalam waktu 1 minggu sariawan tak kunjung sembuh atau Anda sering mengalami sariawan di tenggorokan yang hilang timbul, maka sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter.

Telur ayam kampung dan madu

Yang kedua adalah dengan menggunakan telur ayam kampung dan juga madu, Anda juga dapat menambahkan kunyit. Caranya yaitu pastikan Anda merebus sebentar telur ayam kampung tersebut. Setelah itu campurkan dengan madu dan sedikit kunyit. Aduk hingga rata lalu minum sekali tegukan.

Akar alang-alang dan madu

Obat untuk panas dalam selanjutnya adalah dengan menggunakan akar alang-alang dan madu. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu ambil akar alang-alang kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu jemur sampai kering. Kemudian tumbuk akar alang-alang yang sudah kering sampai halus. Setelah itu seduh dengan menggunakan air hangat dan jangan lupa untuk menambahkan madu ke dalamnya. Aduk rata dan minum secara teratur.

Cuka sari apel

Berikutnya adalah menggunakan cuka sari apel. Selain digunakan untuk menjaga kecantikan wajah, cuka sari apel juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yaitu untuk mengatasi panas dalam. Caranya yaitu gunakanlah cuka sari apel untuk berkumur. Kandungan vitamin dan zat baik dalam cuka sari apel sangat baik untuk untuk membunuh bakteri yang ada di dalam tenggorokan.

Air kelapa muda dan madu

Obat panas dalam berikutnya adalah air kelapa dan madu. Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat obat tradisional yang satu ini adalah air kelapa dan juga madu. Siapkan air kelapa muda secukupnya dan juga madu sebanyak tiga sendok makan. Campurkan kedua bahan alami tersebut kemudian minum sehari sekali.

Daun alang-alang

Selain akarnya, daun alang-alang juga memiliki khasiat yang baik untuk menyembuhkan panas dalam. Caranya, rebuslah daun alang-alang lalu campur dengan menggunakan gula batu. Saring minuman tersebut dan minumlah 2 kali sehari.

Vitamin-c

Cara mencegah panas dalam paling ampuh

Nah itulah beberapa obat untuk panas dalam yang dapat Anda coba. Lalu bagaimana cara mencegah panas dalam agar tidak datang lagi? Berikut ulasannya.

Memperhatikan jam makan

yang pertama adalah memperhatikan jam makan. Bagi Anda yang memiliki gangguan asam lambung, selalu memperhatikan jam makan adalah hal yang sangat penting. Ini karena telat makan dapat menyebabkan asam lambung naik hingga ke daerah dada. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengalami panas dalam.

Memperhatikan menu makanan

Tahukah Anda bahwa makanan pedas, panas dan makanan yang digoreng dapat menyebabkan iritasi dan luka pada tenggorokan? Jika terjadi peradangan karena hal tersebut, maka hal itu dapat memicu terjadinya panas dalam.

Olahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin juga dapat mencegah terjadinya panas dalam. Dengan berolahraga, tubuh akan selalu fit dan terjaga dengan baik. Olahraga juga dapat meningkatkan stamina tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit.

Nah itulah obat panas dalam alami paling ampuh dan mujarab yang dapat Anda coba.


Dari berbagai sumber

Comments