Whatsapp: +6281392472500 (English) / 0813 7222 2565 (Indonesia) terapibatam@gmail.com

Bukan rahasia lagi ya Bun kalau menyusui juga punya banyak manfaat. Termasuk juga buat Bunda yang melahirkan si kecil lewat operasi caesar, menyusui si kecil punya benefit untuk bantu mengurangi rasa nyeri pasca di-caesar lho Bun.

Memang sih, kadang ada Bunda yang merasa nggak nyaman waktu menyusui anak karena adanya nyeri pasca operasi.Seperti teman kantor saya waktu melahirkan putri pertamanya dua tahun lalu. Waktu itu, teman saya sempat takut Bun nyusui si kecil karena luka operasinya terasa nyeri banget. Tapi, menurut teman saya, suara anaknya yang menangis justru membuat hatinya lebih ‘sakit’.

“Makanya, gue nekat aja nyusuin anak gue. Jadi ditrik-in gue nyusuinnya sambil tidur. Setelah itu, gue bisa nyusui deh,” kata teman saya.

Bunda pernah mengalami apa yang dirasa teman saya? Itu wajar aja ya Bun. Tapi, sebuah studi dari Hospital Universitario Nuestra Senora de Valme, Spanyol yang dipresentasikan di kongers Euroanaesthesia di Jenewa menyebutkan kalau Bunda menyusui si kecil minimal dua bulan, nyeri pasca operasi caesar yang dirasa bisa berkurang sampai tiga kali lipat lho Bun.

Nyeri kronis pasca operasi caesar di sini merujuk pada nyeri yang bertahan sampai tiga bulan pasca melahirkan nih Bun. Nah, satu dari lima Bunda yang melahirkan via caesar melaporkan kalau mereka merasakan nyeri kronis seperti itu Bun. Ada 185 ibu yang dilibatkan dalam studi ini.

185 Ibu itu melahirkan lewat operasi caaesar terus ditanya soal aktivitas menyusuinya dan level nyeri yang dirasakan. Dari pengamatan peneliti, ditemukan kalau cuma 8 persen ibu yang menyusui selama 2 bulan atau lebih yang merasakan nyeri kronis sampai 4 bulan pasca melahirkan. Gimana kalau si Bunda nggak menyusui bayinya sampai dua bulan?

“Satu dari empat ibu yang menyusui selama dua bulan atau kurang, melaporkan rasa nyerinya bertahan lebih lama,” kata salah satu peneliti, Dr Carmen Alicia Vargas Berenjeno, dikutip dari Science Daily.

Dari studi ini, Vargas menekankan pentingnya menyusui bagi Bunda, terlebih kalau Bunda melahirkan lewat operasi caesar. Kata Vargas, menyusui selama lebih dari dua bulan bisa bantu mengurangi nyeri pasca operasi. Sebaliknya, nyeri bisa tiga kali lebih terasa kalau Bunda menyusui selama kurang dari dua bulan.

“Studi kami memberi alasan bagus untuk mendorong para ibu menyusui. Mungkin memang, bisa saja kecemasan saat menyusui juga memengaruhi rasa sakit di luka bekas operasi,” kata Vargas.

Buat para Bunda yang kebetulan melahirkan lewat operasi caesar, yuk usahakan untuk tetap menyusui si kecil. Apalagi masing-masing Bunda memang punya tantangan tersendiri untuk nyusui si kecil. Tapi senggaknya, studi yang dilakukan Vargas dan tim ini memberi bukti baru bahwa ada lho manfaat lain menyusui si kecil buat Bunda yang melahirkan lewat operasi caesar.

Tetap semangat ya Bun!

Comments