Whatsapp: +62813-9247-2500 (English) / 0813 7222 2565 (Indonesia) terapibatam@gmail.com

Kota Trier di Jerman juga dikenal sebagai kampung halaman Karl Marx menerima hadiah khusus dari Cina, berupa patung perunggu besar Karl Marx.Dibuat oleh pematung terkenal Cina Wu Weishan, patung itu akan secara resmi diluncurkan pada 5 Mei bertepatan dengan ulang tahun kelahirannya. Ini menunjukkan bukan hanya rasa hormat besar bagi Marx, tetapi juga bentuk persahabatan antara kedua negara.

Wu Weishan, yang juga kurator Museum Seni Nasional China, menghabiskan dua tahun terakhir untuk menciptakan karya seni ini. Baginya, inspirasi melanda begitu dia melangkah ke Trier. Sebagai seorang anak, Wu mulai mengenal Karl Marx melalui potret Marx yang tergantung di dinding rumahnya. Kemudian dia mempelajari filsafat Marxis dari sekolah menengah ke perguruan tinggi.

Dia memiliki gambaran yang sangat jelas tentang Marx sejak kecil. Setelah tiba di Jerman dan melihat arsitektur Romawi kuno, Wu segera terinspirasi. Wu membayangkan Marx masih berjalan di jalan-jalan kota kelahirannya, Trier, dan berbicara dengan orang-orang di seluruh dunia dua ratus tahun kemudian.

Dampak mendalam dari Karl Marx dan filosofinya terus dirasakan dalam banyak aspek masyarakat Cina dari politik hingga seni visual dan pendidikan.Ketika dunia merayakan ulang tahun ke-200 kelahiran Karl Marx, satu hal yang pasti: citra dan pemikiran filsuf terbesar di zaman modern terus berakar dalam di dunia dan mempengaruhi orang-orang di seluruh dunia.

 source:CCTV